Rabu, 08 September 2010

Sugar Adventure part 1(PG. Gempolkrep)


Tau ga sih, sebagian besar pabrik gula di Jawa adalah warisan kolonial ?, bangunan tua khas menir-menir jaman jadul pasti kita lihat di sekitar pabrik gula, mau di Cirebon, Jogja, Jawa Tengah dan paling banyak ya di Jawa Timur.


Waktu kuliah dulu ( haha saya pernah kuliah juga ternyata hehe ) saya pernah PKL di 3 pabrik gula yang pertama di PG. Gempolkrep, Mojokerto, Jawa Timur. Iya sih emang disana dulu ngekos, tapi kadang-kadang kidding-kiding maen juga ke rumah tua yang dihinggapi karyawan disana. Kalo siang sih biasa aja, secara saya kan pemberani getoh. Tapi pernah pas malem gitu maen, apesnya lagi wakti itu kebelet kencing, untuk menjaga kesucian dari najis (kata pak ustad) kan harus ke kamar mandi tuh. Dingin, gelap, bunyi kriik kriiik membuat saya mempercepat laju aliran air (tapi ga sempet ngukur debitnya sih hehe). Lariiii…. Akhirnya dengan terengah-engah saya berhasil mencapai kerumunan teman-teman saya di kamar yang sedang bermain gitar. Perlahan-lahan saya mengatur nafas dan pelan pelan memasang tampang seolah saya biasa saja.. xixixixixi


Waktu itu saya bersama dua orang teman saya, jadinya tiga orang, wah kaya warkop dong ??? hari hari hari hooo warung kopi.. teman saya itu namanya Anggara Agung Wilastyo, dan Annas Khairudin, kok ga ada yang cewek ya ? tenang aja, ada kok temen PKL dari Malang, ada Momeh, Dipol, Cingko sama Pepo.. ga tau gmana ceritanya nama kok kaya gitu, ga masuk akaaaaal…



Eh hampir lupa, temen satu kok tambah lagi, namanya emmmm sapa ya.. wah lupa sori bro bener-bener lupa, maap maap.. pokoknya dia tu utusannya mentri pengairan yang mengurusi air kali brantas gitu deeh, orang tulung agung dia tuh…


Dulu tuh ngekos di deket pabrik, berhubung disitu tempatnya panas dan lembab, jadi banyak banget nyamuk, pada ternak paling warga situ. Asiknya tu tiap pagi buta gelap gulita selalu dibangunin bapak kos, jadi rajin beribadah hehe.




Eh, enaknya capcus masalah makanan disana nih, cekidot mamen…. !!

Disana tuh makanan poparit (pokoke paling paporit) nya adalah rawon. Makanan kuah hitam dengan potongan daging sapi dengan rasa yang menurut saya biasa saja (maaf saya lidahnya jawa tengah). Saya sih kurang cocok, apalagi pas waktu beli tuh ibuknya ngasih yang puanas banget. Berhubung laper dan ga ada kulkas, akhirnya es dalam gelas es the pun meloncat dengan indahnya ke piring. Proses heat transfer berlangsung dan akhirnya nasi rawon siap santapz nyam nyam…


Dasana tuh pernah beli mie ayam, keliling gitu, belinya bertiga jadi kaya warkop beneran hahaha.. dengan tak sengaja ternyata kami bertiga kompak menyeragamkan posisi kaki kanan ditekuk dan ditaruh diatas paha kaki kiri. Agak lama baru nyadar, eh.. bukannya berubah pose, malah ada yang ngasih aba-aba, ganti posisi kaki kiri gantian yang diatas. Benar-benar warkop…


Oh iya, sering banget kita beli es legen. Legen ini adalah nira dari pohon siwalan. Warnanya kaya santen encer gitu, rasanya manis. Mau yang sudah fermentasian juga ada, tapi kalo minum ya bisa kobam aliar teller ler ler… Masalah minuman ada satu lagi khas Gempolkrep yaitu Es Moni.. Kurang jelas sih apa bahan penyusun dari es moni ini, aku blum pernah minum juga soalnya bisa mabuk, kan dosa ya bro ??


Selama tiga bulan disana, banyak sekali pengalaman seru, susah senang bikin laporan sampe jalan-jalan nongkrong di delta brantas sambil ngopi, yahud banget pokoknya. Cuci mata di alun-alun Mojokerto yang rame banget kalo malem minggu, kadang juga minggu pagi jogging.


Kembali ke jalan yang benar…

PG. Gempolkrep menerapkan sistem sulfitasi (tahun 2005), Kami dulu belajar alat-alat proses. Kapastasnya dulu kalo ga salah 6.500 TCD. Dah gede banget tuh, termasuk yang paling besar sak PTPN X. Kepala Pengolahannya Pak Zainal dan ajun sekaligus pembimbing kami Pak MG Pattiassina. Kabar terakhir sih mak Marshal sekarang (2010) FC nya PG. Watu Tulis. Terima kasih buat semuanya..

Dah dulu ya , besok lagi bubye…

0 comments: